Akbar Faizal: Presiden Permainkan Konstitusi

Akbar Faizal: Presiden Permainkan Konstitusi
Akbar Faizal: Presiden Permainkan Konstitusi
JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi Hanura Akbar Faizal mulai teriak lagi. Terkait penjelasan Presiden SBY tentang rencana reshuffle, Akbar menilai presiden telah mempermainkan konstitusi dalam hal kewenangan prerogatifnya membentuk pemerintahan/kabinet.

”Saat membaca sumpah jabatan, presiden menyatakan "...akan menjalankan konstitusi selurus-lurusnya...". Namun yang terlihat kemarin saat jumpa pers dengan pimpinan parpol koalisi, presiden dengan nyata melanggar konstitusi itu dengan mengambil keputusan pembentukan kabinet bersama pimpinan parpol,” kata Akbar, Jumat (14/10).

Ini sekaligus menunjukkan bahwa presiden melanggar mandat yang diberikan kepadanya secara penuh untuk membentuk pemerintahan tanpa campur tangan parpol. ”Dalam bahasa yang lain, presiden lebih memilih memperhatikan realitas politik ketimbang realitas konstitusi,” kata Akbar.

Dari situasi ini, presiden berusaha menghindar dari risiko kegagalan kabinet ini kelak. Sebab keputusan tidaklah semata lahir dari darinya tapi 'bersama' pimpinan parpol koalisi. ”Tak ada satupun pasal dalam Undang-Undang Dasar yang memberikan kewenangan presiden membentuk pemerintahan bersama atau membagi kekuasaan konstitusinya kepada pimpinan parpol,” katanya.

JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi Hanura Akbar Faizal mulai teriak lagi. Terkait penjelasan Presiden SBY tentang rencana reshuffle, Akbar menilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News