Akh..Film Spielberg yang Ini Gagal di Box Office

Akh..Film Spielberg yang Ini Gagal di Box Office
Big Friendly Giant movie. Foto: YouTube

jpnn.com - LOS ANGELES – Tangan dingin sutradara sekaligus produser Steven Spielberg kini dipertanyakan. Pasalnya film terbarunya, Big Friendly Giant atau The BFG yang dirilis 30 Juni lalu gagal memikat penonton.

Terbukti, film bergenre adventure fantasy yang diadaptasi dari buku Roald Dahl itu menelan bujet USD 140 juta (Rp 1,85 triliun), tapi hanya mendapatkan USD 18,6 juta (Rp 247 miliar) pada pekan pembuka

The BFG produksi Disney kalah oleh Finding Dory yang memuncaki box office pada libur pekan pertama Juli.

Padahal, dalam industri film Spielberg telah mencetak sederet karya box office. Namanya seolah menjadi jaminan suksesnya film yang digarap, baik sebagai sutradara maupun produser.

Sebut saja Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull yang mencatatkan pendapatan USD 786 juta (Rp 10,4 triliun), E.T. the Extra-Terrestrial yang meraup pendapatan total USD 792 juta (Rp 10,48 triliun), serta Jurassic Park yang sukses dengan raihan USD 1,029 miliar (Rp 13,6 triliun).

 Dave Hollis, distribution chief  Disney, mengakui bahwa hasil BFG tersebut cukup mengecewakan. Pihaknya berharap film itu terkerek naik pada pekan-pekan mendatang. Dia menargetkan penonton keluarga di libur musim panas ini.

"Kami melihat orang-orang membicarakan film ini dan memberi rating. Semoga referensi itu menjadi keuntungan (untuk The BFG, Red)," ujarnya seperti dilansir variety.com.

Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah Spielberg sudah kehilangan "daya magis" sebagai pencetak blockbuster? Para kritikus film menguraikan beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab gagalnya sentuhan Spielberg kali ini.

Yang pertama adalah sulitnya menjual emosi. Spielberg dikenal dengan gaya penyutradaraan yang sangat memanjakan mata melalui elemen visual yang dinamis.

Hiu mengunyah, piring terbang, atau detail wajah keriput alien. Sementara itu, di The BFG, yang ditawarkan adalah ikatan antara Sophie (Ruby Barnhill), si gadis yang menjadi tokoh utama, dengan teman raksasanya.

LOS ANGELES – Tangan dingin sutradara sekaligus produser Steven Spielberg kini dipertanyakan. Pasalnya film terbarunya, Big Friendly Giant

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News