Akhir 2018, KA Trans Sulawesi Ditargetkan Capai 44 Km

Akhir 2018, KA Trans Sulawesi Ditargetkan Capai 44 Km
Jalur kereta api. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, SULAWESI SELATAN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan kereta api Trans Sulawesi akan mencapai 44 km pada akhir 2018.

"Kami harapkan target 2018 ini selesai 44 km. Jadi nanti yang diselesaikan dari Barru ke Palanro dan akses ke Pelabuhan Garongkong, sedangkan berikutnya dilanjutkan dari Barru ke Maros," ujar Budi.

Adapun anggaran pemerintah untuk pembangunan jalur rel kereta api sepanjang 44 km ini sebesar Rp 2 triliun.

"Proyek kereta api sepanjang 44 km melalui dana disediakan pemerintah sebesar Rp 2 triliun dalam dua tahun. Satu tahun pertama (2017) pemerintah menyiapkan Rp 1,4 triliun dan tahun depan (2018) sebesar Rp 600 miliar," jelasnya.

Nantinya, 60 km antara Barru ke Maros juga akan dibangun menggunakan APBN melalui mekanisme Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Jadi total dengan dana APBN sepanjang 104 km antara Palanro-Maros.

Sedangkan jalur antara Palanro-Pare-Pare dan Maros-Makassar mengundang investasi swasta melalui dana Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau proyek kerjasama swasta dan pemerintah.(chi/jpnn)


Nantinya, 60 km antara Barru ke Maros juga akan dibangun menggunakan APBN melalui mekanisme Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News