Akhir Penentuan Tari Saman, Jadi Warisan Budaya Tak Benda Unesco

Akhir Penentuan Tari Saman, Jadi Warisan Budaya Tak Benda Unesco
Akhir Penentuan Tari Saman, Jadi Warisan Budaya Tak Benda Unesco
SEJAK  tahun lalu, Indonesia sudah mengusulkan Tari Saman asal Aceh untuk menjadi salah satu warisan budaya tak benda UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). Usulan yang diajukan pemerintah itu kemudian digodok dalam pertemuan ke-6 Komite Antar-Pemerintah UNESCO untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak Benda di Bali, 22-29 November 2011.

"Pemerintah sejak 2010 mengusulkan Tari Saman itu masuk. Kini tinggal tahap akhir penentuan. Insya Allah dalam pertemuan di Bali, UNESCO akan memasukkannya sebagai bagian dari warisan budaya tak benda," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh di Jakarta.

Sebelumnya, warisan budaya Indonesia yang masuk dalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia di bawah Konvensi 2003 di antaranya Wayang, Keris, Batik, dan Angklung. Tari Saman, diharapkan dapat menambah catatan yang masuk dalam Konvensi 2003 UNESCO.

"Sebagai tuan rumah penyelenggaraan saya optimistis, Tari Saman akan masuk dalam daftar representative. Kita berdoa saja untuk itu," papar mantan Menkominfo tersebut.

SEJAK  tahun lalu, Indonesia sudah mengusulkan Tari Saman asal Aceh untuk menjadi salah satu warisan budaya tak benda UNESCO (United Nations

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News