Aksi Kejahatan Puji Setianingsih Sungguh Bikin Kepala Bergeleng

Aksi Kejahatan Puji Setianingsih Sungguh Bikin Kepala Bergeleng
Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadil (tengah) saat membeberkan kasus penipuan yang dilakoni Puji Setianingsih. Foto: Arditya Abdul Aziz/JPNN.com.

jpnn.com, SAMARINDA - Aksi kejahatan yang dilakukan perempuan bernama Puji Setianingsih, 28, ini bikin geleng-geleng kepala.

Pasalnya, hanya dengan bermodalkan handphone dan aplikasi editing poto, Puji mampu meraup puluhan juta rupiah hasil dari aksi menipu di belasan toko perhiasan di Samarinda, Kalimantan Timur. 

Modus operandinya, dengan berpura-pura membeli emas ke salah satu toko. Kemudian perempuan 28 tahun itu seolah-olah sudah melakukan pembayaran Via M-Bangking.

Padahal bukti transfer pembayaran yang dia ditunjukkan kepada korbannya adalah bukti transaksi hasil editan, alias palsu. 

Tindak kejahatan perempuan muda ini sempat viral di ragam platform media sosial. Setelah para korban membagikan pengalamannya.

Singkatnya, informasi dari masyarakat ini kemudian ditindaklanjuti aparat kepolisian.

Sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Begitu pula Puji, yang diringkus polisi ketika kembali melakukan aksi penipuannya di salah satu toko emas di Pasar Ijabah Jalan Antasari, Kecamatan Samarinda Ulu, Senin (9/5/2022) lalu. 

Saat itu, Puji hendak melakukan aksi penipuan dengan modus tukar tambah emas. Petugas yang sedang memburu perempuan berambut pirang tersebut lantas meringkus Puji dan membawanya ke Mako Polsek Samarinda Ulu untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. 

Bermodalkan aplikasi editing di handphone miliknya, Puji bisa membuat bukti transfer M-Bangking palsu kurang dari satu menit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News