Aktivitas Gunung Api Dempo Meningkat

Aktivitas Gunung Api Dempo Meningkat
Aktivitas Gunung Api Dempo Meningkat
PAGARALAM –  Warga dan wisatawan, terutama pencinta alam diimbau tak melakukan aktivitas pendakian Gunung Api Dempo selama satu bulan ke depan. “Hasil pengecekan kita di kawah Gunung Api Dempo terjadi peningkatan aktivitas dengan mengeluarkan bau belerang yang menyengat dan air kawah mendidih. Hal ini jelas membahayakan bagi pendaki. Untuk itu, kita menutup sementara aktivitas pendakian Gunung Api Dempo hingga satu bulan mendatang,” ujar Wali Kota Pagaralam, H Djazuli Kuris, melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pagaralam, Herawadi SSos, didampingi Kabid Kesiapsiagaan, Yusman Sohar SE.

Hal ini diungkapkannya di sela-sela pembubaran tim  BMPD dan SAR evakuasi pendaki tewas di kawah  Merapi Dempo, Jumat (5/4). “Selain terjadinya peningkatan aktivitas di kawah Dempo, kondisi cuaca juga tak bersahabat. Sering  terjadinya badai dan hujan deras juga bisa membahayakan keselamatan pendaki,” jelasnya.

Dikatakannya, aroma belerang yang menyengat sudah tercium dalam radius 1 km. “Ini jelas sangat berbahaya. Untuk itulah, warga diimbau tak beraktivitas di radius 1 km dari puncak Dempo,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo, Selamet, didampingi stafnya, Mulyadi mengungkapkan, pascagempa yang melanda Gunung Dempo, Kamis (4/4) lalu, aktivitas kegempaan Dempo belum menunjukkan peningkatan. 

PAGARALAM –  Warga dan wisatawan, terutama pencinta alam diimbau tak melakukan aktivitas pendakian Gunung Api Dempo selama satu bulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News