Aktivitas Soputan Meningkat, Lima Gunung Berstatus Siaga

Aktivitas Soputan Meningkat, Lima Gunung Berstatus Siaga
Aktivitas Soputan Meningkat, Lima Gunung Berstatus Siaga
JAKARTA - Gunung Soputan di Sulawesi Utara lagi-lagi menunjukkan peningkatan aktivitas. Hal ini ditandai adanya gempa bumi guguran dan gempa bumi vulkanik dalam.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho kepada JPNN, Minggu (14/8), menyatakan, tercatat terjadi dua kali letusan Gunung Soputan, yakni pukul 07.55 dan 09.27 Waktu Indonesia Tengah (Wita). "Asap abu-abu tebal dengan  ketinggian 1200-an meter membumbung dari puncak Soputan," ujar Sutopo.

Karenanya, terhitung mulai pukul 15.00 WITA hari ini, status Gunung Soputan dinaikkan dari Waspada ke Siaga. "Rekomendasinya tidak ada aktivitas di Camping Ground, atau radius empat kilometer dari puncak, karena ada ancaman guguran kubah lava dan awan panas," imbuh Sutopo.

Namun demikian, BNPB menganggap belum perlu dilakukan evakuasi terhadap warga di sekitar Gunung Soputan. Sebab, permukiman warga ada di luar radius 8 KM dari puncak Gunung Soputan.

JAKARTA - Gunung Soputan di Sulawesi Utara lagi-lagi menunjukkan peningkatan aktivitas. Hal ini ditandai adanya gempa bumi guguran dan gempa bumi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News