Akui Pemenang Konvensi Belum Tentu jadi Capres PD

Siapkan Skenario Lain jika Tak Penuhi Presidential Threshold

Akui Pemenang Konvensi Belum Tentu jadi Capres PD
Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Dede Yusuf dalam acara temu kader PD di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/10). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrat (PD) telah menyiapkan sejumlah skenario untuk peserta calon presiden (capres) bila akhirnya partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu tak memenuhi syarat presidential threshold (PT) 20 persen. Menurut anggota Dewan Pembina PD, Dede Yusuf, skenario itu antara lain dengan membangun koalisi.

"Kalau memang nanti tidak memenuhi PT, maka kita akan koalisi. Nanti partai koalisi yang akan memilih calon yang diinginkan dari stok yang ada," ucap Dede di sela-sela acara temu kader PD di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/10).

Lebih lanjut dia mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu mengatakan, skenario lain jika PD tak memenuhi presidential threshold adalah memenuhi keinginan mitra koalisi. Artinya, pemenang konvensi belum tentu menjadi capres PD.

"Peserta konvensi capres akan ditawarkan ke partai-partai yang diajak koalisi. Jadi, belum tentu pemenang konvensi yang tetap diusung. Ya nanti pilihan akhirnya berdasar rembuk partai koalisi," terang dia.

Kendati demikian, lanjut Dede, peserta konvensi tak akan diturunkan menjadi calon wakil presiden (cawapres) saat PD memutuskan berkoalisi dengan partai lain. "Peserta konvensi akan tetap menjadi capres," pungkasnya.(chi/jpnn)

JAKARTA - Partai Demokrat (PD) telah menyiapkan sejumlah skenario untuk peserta calon presiden (capres) bila akhirnya partai pimpinan Susilo Bambang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News