Minggu, 24 Juni 2018 – 16:07 WIB

Alami Gangguan Fisik Saat Tidur? Ini 3 Cara Mengatasinya

Selasa, 17 April 2018 – 04:13 WIB
Alami Gangguan Fisik Saat Tidur? Ini 3 Cara Mengatasinya - JPNN.COM

Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

jpnn.com - Gangguan fisik saat hendak tidur seperti sakit pada bagian punggung, leher, atau bagian tubuh lainnya tentu amat mengganggu.

Jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, tak heran bila kualitas tidur Anda menjadi taruhannya.

Keadaan ini bisa berdampak pada esok hari ketika Anda bangun dan akan mulai beraktivitas. Badan lemah, lesu, dan tak bergairah bisa jadi tak terhindarkan.

Tak hanya ketika Anda hendak tidur, gangguan fisik juga bisa mengganggu dan mau tak mau membuat Anda terbangun dari tidur pulas. Anggaplah pada pukul 2 dini hari Anda terbangun dan mendapati sakit pada leher atau punggung.

Tak pelak, gangguan lain juga bisa terjadi yang efeknya pada tubuh tergantung pada setiap individu.

“Terdapat beberapa faktor penyebab gangguan tidur, seperti faktor predisposisi psikologis dan biologis, penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan, dan kebiasaan buruk. Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri. Sebagai contoh adalah faktor fisis tertentu yang dapat memicu timbulnya masalah psikologis, begitu juga sebaliknya,” terang dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan tidur.

Berdasarkan survei yang dilakukan Women's Health, American Sleep Association, dan Thrive Global, sebanyak 90 persen orang mengatakan masalah tubuh ternyata mampu membangunkan seseorang dari tidurnya. Hal ini tentu tidak baik, karena ketidaknyamanan yang bersifat kronis dapat menyebabkan gangguan tidur jangka panjang.

Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Dilansir dari Prevention, berikut ini adalah solusinya:

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar