Sudah Cukup Tidur tapi Badan Masih Capek? Ini Penyebabnya

Sudah Cukup Tidur tapi Badan Masih Capek? Ini Penyebabnya
Seorang tertidur karena kelelahan. ILUSTRASI. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Rasa lelah atau capek pada dasarnya tidak akan muncul jika tidak ada pencetusnya. Bahkan di saat Anda merasa sudah cukup beristirahat atau tidur, perasaan ini bisa saja muncul jika pencetusnya tidak diatasi.

Terkadang, hal ini berhubungan dengan mood dan akumulasi dari stres di kehidupan. Pada dasarnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan rasa lelah, seperti di bawah ini:

1. Lelah Akibat Gangguan Hematologis.

Lelah yang satu ini merupakan gejala utama dari anemia. Jenis anemia yang paling sering terjadi adalah anemia defisiensi besi.

Biasanya, kaum wanitalah yang paling sering terserang jenis anemia ini, terutama saat menstruasi. Penyebab lain dari anemia defisiensi besi adalah kurangnya konsumsi daging. Hal ini sering ditemui pada vegetarian.

2. Lelah Akibat Penyakit Jantung.

Gejala yang sering dirasakan oleh penderita gagal jantung adalah rasa lelah dan sesak nafas. Lelah ditemukan menjadi keluhan utama pada 20 persen kasus gagal jantung baru. Selain itu, 71 persen penderita penyakit jantung koroner mengeluhkan rasa lelah terlebih dahulu.

3. Lelah Akibat Gangguan Endokrin.

Bahkan di saat Anda merasa sudah cukup beristirahat atau tidur, perasaan ini bisa saja muncul jika pencetusnya tidak diatasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News