Selasa, 16 Oktober 2018 – 12:56 WIB

Cara ini Bisa Membantu Tidur Anda Nyenyak

Selasa, 13 Februari 2018 – 11:49 WIB
Cara ini Bisa Membantu Tidur Anda Nyenyak - JPNN.COM

Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

jpnn.com - Hal ini biasanya kerap terjadi menjelang waktu tidur. Tentu pikiran kita pernah 'berjalan-jalan' jelang menutup mata untuk terlelap.

Jeda menjelang waktu tidur tersebut biasanya kerap membuat Anda terus memikirkan daftar tugas yang terus bertambah.

Dan hal itu bisa membuat Anda tidak tertidur dengan nyenyak.

"Pikirkan tentang itu. Sepanjang hari, orang-orang berbicara kepada Anda, meminta Anda untuk melakukan sesuatu, dan lain-lain. Saat Anda tidur, ini adalah satu-satunya saat Anda tidak memiliki rangsangan baru," kata seorang psikolog klinis dan peneliti Michael Breus, PhD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Senin (12/2).

Tapi ternyata, ada obat cepat dan mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya, luangkan waktu hanya lima menit untuk menuliskan daftar tugas Anda untuk hari berikutnya.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para periset di Universitas Baylor dan dipublikasikan di Journal of Experimental Psychology, menemukan bahwa orang-orang yang menyusun daftar tugas pada waktu tidur memiliki waktu lebih mudah untuk tidur.

Dalam penelitian ini, peserta dimasukkan ke dalam dua kelompok yang dipilih secara acak dan diberi tugas menulis lima menit sebelum tidur.

Satu kelompok diberi tahu untuk menuliskan tugas yang harus mereka ingat untuk dilakukan keesokan harinya atau dalam beberapa hari berikutnya, sementara kelompok kedua diminta menuliskan tugas yang telah mereka selesaikan dalam beberapa hari terakhir.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar