Alasan Istana Sewa Garuda untuk Lawatan Jokowi ke Amerika

Alasan Istana Sewa Garuda untuk Lawatan Jokowi ke Amerika
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Foto: ANTARA/Bayu Prasetyo

jpnn.com, JAKARTA - Sekretariat Presiden menyewa pesawat Garuda Indonesia untuk kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Amerika Serikat, yakni menghadiri KTT AS-ASEAN pada pertengahan Maret 2020.

Pesawat yang disewa ialah Boeing 777-300ER. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, pemilihan pesawat maskapai nasional itu bertujuan untuk penghematan anggaran dan efisiensi waktu.

“Waktu tempuh maksimal penerbangan dari Boeing 777-300ER adalah 14 jam sehingga penerbangan dari Jakarta ke Las Vegas, lokasi KTT berlangsung, dengan pesawat berbadan lebar ini bisa ditempuh hanya dengan satu kali transit,” kata Heru dalam keterangan yang diterima, Jumat (28/2).

Jika menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 (BBJ-2) saat ini, ucap Heru, jarak tersebut harus ditempuh dengan beberapa kali transit, sehingga perjalanan bisa mencapai dua hari.

“Manfaat lainnya dengan waktu maksimal penerbangan di atas 12 jam adalah tempat transit dapat dipilih negara yang aman dari penyebaran virus Corona,” kata Heru.

Penghematan anggaran juga didapat karena menteri pendamping akan berada dalam satu pesawat, sehingga akan jauh lebih murah.

Selama disewa, pesawat ini akan diberi lambang dan tulisan Republik Indonesia di badan pesawat. “Sebab secara keprotokolan negara, pesawat itu akan menjadi Pesawat Kepresidenan RI,” tutur Heru.

Adapun pesawat kepresidenan Indonesia-1 (BBJ-2) saat ini sudah waktunya menjalani perawatan dan pemeliharaan rutin tahunan. Oleh karena itu, saat presiden melakukan lawatan ke AS, pesawat kepresidenan Indonesia-1 akan menjalani pemeliharaan sebagaimana telah terjadwal oleh Garuda Maintenance Facility (GMF). (tan/jpnn)

Presiden Jokowi akan terbang ke Amerika Serikat dengan Boeing 777-300ER milik Garuda Indonesia.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News