Alex Noerdin: Siapkan Replika ANRI di Sumsel

Alex Noerdin: Siapkan Replika ANRI di Sumsel
Alex Noerdin: Siapkan Replika ANRI di Sumsel
JAKARTA - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin mengunjungi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Senin (4/6). Kehadiran Ketua Forum Gubernur Sumatera ini selain mengunjungi diorama sejarah perjalanan bangsa, juga untuk mempersiapkan replika ANRI di Sumsel. ”Luar biasa, kunjungan saya ke gedung ANRI ini sangat berkesan. Seharusnya seluruh rakyat Indonesia dapat melihat dan menonton sejarah perjuangan bangsa ini, karena memang proses untuk meraih kemerdekaan tidaklah mudah,” ujar Alex.

 

Dia mengaku akan mencoba membuat ANRI serupa di Sumsel sekaligus melengkapi arsip daerah yang sudah ada. Diharapkan pembangunan diorama di Sumsel nantinya akan sejalan dengan pengembangan penajaman sektor pariwisata yang akan membuat turis menarik untuk melihat sejarah Sumsel.

Saat mengunjungi ANRI, Alex Noerdin juga menyaksikan film Pengabdian Sampai Titik Akhir, film dokumenter spesial yang dibuat khusus untuk memperingati 100 tahun kelahiran Proklamator RI, Soekarno. Dalam kunjungan tersebut, Alex Noerdin juga mendapat kehormatan melaksanakan wawancara sejarah lisan (oral history).

Program sejarah lisan merupakan salah satu bentuk realisasi program Gubernur Nusantara. Sejarah lisan ini bertujuan untuk menambah dan melengkapi serta mengisi kekosongan atau gap yang terdapat pada sumber-sumber tertulis atau khasanah arsip. Wawancara ini mencakup kisah perjalanan hidup Alex Noerdin, termasuk keberhasilannya saat masih menjabat Bupati Musi Banyuasin dan Gubernur Sumsel saat ini. Di sela – sela kegiatan, Alex juga melihat ruangan vacuum freeze dry chamber, yang digunakan untuk membantu mem-back up arsip saat tragedi tsunami di Aceh beberapa tahun lalu.

JAKARTA - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin mengunjungi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Senin (4/6). Kehadiran Ketua Forum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News