Alhamdulillah, Belum Ada Temuan Gagal Ginjal Akut pada Anak di Palembang

Alhamdulillah, Belum Ada Temuan Gagal Ginjal Akut pada Anak di Palembang
kasus gagal ginjal akut pada anak atau dikenal Acute Kidneg Injury (AKI) belum ditemukan di Palembang. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang Fenty Aprina memastikan bahwa kasus gagal ginjal akut pada anak belum ditemukan di Bumi Sriwijaya.

"Sejauh ini kami juga melakukan pendataan informasi terkait anak yang sedang sakit. Alhamdulillah kami belum menemukan dan belum ada laporan satu pun adanya kasus gagal ginjal akut misterius pada anak tersebut," katanya, Selasa (18/10).

Kasus gagal ginjal misterius pada anak atau dikenal Acute Kidney Injury (AKI) dalam bahasa medis memang perlu dipahami oleh masyarakat apa penyebabnya. Sehingga warga dapat melakukan penanganan awal dan pencegahan.

"Tren gagal ginjal akut saat ini dalam lonjakan progresif atipikal dan perlu mengetahui lebih awal faktor terjadinya apa. Tetapi jangan pula direspons berlebihan hingga panik, karena kepastiannya belum ada," imbau Fenty.

Menurutnya, apabila masyarakat terlalu khawatir terhadap fenomena gagal ginjal akut pada anak justru akan menimbulkan ketakutan-ketakutan.

Pada akhirnya, kata dia, membuat pola pikir berkembang negatif yang kemudian membuat anak maupun orang tua stres dan tidak dapat mencegah dini.

"Saat ini juga kan masih diteliti IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia dan Kemenkes. Sambil menunggu penelitian lebih baik kita mengonsumsi makan sehat agar tidak ada keluhan sakit," pesan Fenty.

Fenty menerangkan hal yang perlu diperhatikan saat ini untuk mencegah terjadinya kasus gagal ginjal akut misterius pada anak adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan ke fasyankes terdekat.

kasus gagal ginjal akut pada anak atau dikenal Acute Kidneg Injury (AKI) belum ditemukan di Palembang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News