Alhamdulillah, Muslim Uighur Bebas Beribadah selama Pandemi

Alhamdulillah, Muslim Uighur Bebas Beribadah selama Pandemi
Muslim Uighur di Tiongkok. Foto: Reuters

jpnn.com, XINJIANG - Masjid di Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, Tiongkok, menerapkan kebijakan jaga jarak renggang 1 meter antarmakmum di setiap kegiatan jamaah salat lima waktu selama pandemi virus corona.

Pengelola masjid Institut Islam Xinjiang (XII) di Kota Urumqi, juga mewajibkan anggota jamaah mengenakan masker dan mengukur suhu tubuh sebelum memasuki masjid tersebut.

Hadrejan Abulihamit, mahasiswa XII asal Kabupaten Manas, mengaku pihak kampus juga mewajibkan cuci tangan dengan cairan alkohol sebelum menyentuh makanan.

Asrama mahasiswa di dalam area kampus di Ibu Kota Xinjiang itu juga dibersihkan dengan cairan disinfektan setiap hari.

Abla Rexit (75) yang menjadi imam di salah satu masjid di Kabupaten Artux memilih salat di rumahnya sejak wabah melanda.

"Saya berdoa setiap hari untuk kesehatan dan keselamatan keluarga saya," ujarnya dikutip Tiongkok Daily.

Ruzi Mollak, petani di Kabupaten Aksu, melaksanakan salat setiap hari di masjid dekat rumah karena menurut dia, pengatur suhu ruangan di masjid lebih dingin daripada di rumahnya.

Saat ini di Xinjiang memasuki musim panas dengan suhu rata-rata di atas 30-an derajat Celcius.

Masjid di Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, Tiongkok, menerapkan kebijakan jaga jarak renggang 1 meter antarmakmum di setiap kegiatan jamaah salat lima waktu selama pandemi virus corona.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News