Alhamdulillah, Perempuan Saudi Sudah Boleh Masuk Stadion

Alhamdulillah, Perempuan Saudi Sudah Boleh Masuk Stadion
Perempuan Arab Saudi. Foto: AFP

jpnn.com, RIYADH - Sepertinya 2018 menjadi tahun yang paling ditunggu-tunggu bagi perempuan Arab Saudi. Sebab, selang sebulan dari pengumuman perempuan boleh menyetir, kini pihak kerajaan menyatakan bahwa kaum hawa di negara itu boleh menonton pertandingan olahraga di stadion. Dua hal yang sebelumnya terlarang bagi perempuan.

Namun, tidak semua stadion bisa dimasuki. Hanya tiga stadion. Yakni, King Fahd Stadium di Riyadh, King Abdullah Sport City di Jeddah, dan Prince Mohammed Bin Fahd Stadium di Dammam.

’’Stadion olahraga di Arab Saudi membuka pintunya untuk para perempuan pada 2018. Selamat untuk kita (para perempuan, Red),’’ tulis Wakil Presiden Otoritas Olahraga untuk Urusan Perempuan Putri Reema Bandar bin Al Saud, Minggu (29/10).

Saudi memiliki banyak stadion. Tapi, yang dipilih adalah stadion besar dan penting. Saat ini tiga stadion tersebut dalam proses dirombak agar mengakomodasi kehadiran keluarga yang ingin menonton pertandingan. Bakal disediakan restoran, kafe, layar monitor, dan berbagai hal lainnya.

Belum diketahui bagaimana penataan kursi-kursi stadion nanti. Sebab, selama ini di Saudi tempat duduk antara laki-laki dan perempuan dipisahkan.

Pemisahan itu juga berlaku di tempat-tempat umum yang bisa didatangi perempuan seperti taman, bus, pantai, dan taman hiburan.

Pemerintah Saudi belum memerinci apakah yang boleh masuk ke stadion hanya perempun yang sudah berkeluarga atau yang belum menikah juga diperbolehkan.

Perubahan-perubahan baru yang membuat Saudi lebih moderat tersebut tidak lepas dari kebijakan reformasi yang dibawa Putra Mahkota Pangeran Mohammad bin Salman.

Arab Saudi perlahan mulai melonggarkan peraturan-peraturan terkait hak perempuan

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News