Alumni SMK Berpeluang Kerja di Australia

Alumni SMK Berpeluang Kerja di Australia
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Dinas Pendidikan Sulsel menjajaki kerja sama dengan pelaku industri di Australia. Kerja sama ini memberikan peluang bagi para sekolah menengah kejuruan (SMK) asal Sulsel berpeluang bekerja di Negeri Kanguru itu.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan bersama Pemerintah New South Wales dan sejumlah pelaku industri.

Hasilnya, sejumlah industri telah membuat daftar kebutuhan alumni SMK di berbagai bidang.

"Kualifikasi yang dibutuhkan industri di sana sedang digodok. Kami akan melihat standarnya untuk lebih diperdalam oleh siswa kelas XII SMK di Sulsel," kata Irman yang masih berada di Australia, Selasa, 7 Februari.

Pemprov Sulsel juga sudah meneken kerja sama dengan Departemen Pendidikan New South Wales dan University of Technology Sydney (UTS).

"Isi perjanjiannya di antaranya pertukaran guru, pendidikan guru dan sister school (sekolah kembar) dengan beberapa sekolah di Sulsel," katanya.

"Kami juga membahas pelatihan guru, pertukaran guru, penerimaan siswa SMA terbaik ke beberapa universitas di Sydney, serta pelatihan inovasi bagi aparatur," sebut dia.

Para lulusan atau siswa terbaik di Sulsel juga akan diupayakan bebas tes ke UTS. "Ini tentu peluang bagi putra-putri terbaik Sulsel yang ingin menuntut ilmu ke kampus terbaik di Australia. Juga ada pelatihan pengembangan inovasi bagi aparatur," tandasnya.

Dinas Pendidikan Sulsel menjajaki kerja sama dengan pelaku industri di Australia. Kerja sama ini memberikan peluang bagi para sekolah menengah kejuruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News