Amerika Bantu Rp 10,8 T untuk Gaza

Amerika Bantu Rp 10,8 T untuk Gaza
Amerika Bantu Rp 10,8 T untuk Gaza
JERUSALEM - Israel yang membombardir Jalur Gaza, sekutunya -Amerika Serikat- yang andil membangun kembali kehancuran tersebut. Paman Sam dilaporkan bakal menyumbang sekitar USD 900 juta (sekitar Rp 10,8 triliun) untuk rekonstruksi Gaza.

Nominal bantuan kemanusiaan dan pembangunan itu disebut oleh Menlu AS Hillary Clinton, yang pekan depan dijadwalkan menghadiri pertemuan negara donor untuk wilayah yang rusak akibat perang di Mesir. Mantan first lady Amerika Serikat itu juga akan berkunjung ke Israel dan Tepi Barat.

Sumber menyebutkan, jumlah tersebut belum pasti karena masih harus menunggu persetujuan final. Bantuan untuk kemanusiaan dan pembangunan itu akan disalurkan melalui LSM dan badan PBB. Sebagian lagi langsung kepada pemerintah Presiden Palestina Mahmoud Abbas melalui Tepi Barat, bukan kepada Hamas yang menguasai Jalur Gaza.

Data terakhir PBB menyebutkan, agresi Israel ke Jalur Gaza mengakibatkan 90 persen di antara 1,5 juta penduduk Palestina krisis listrik. Sebanyak 50 ribu penduduk tidak mendapatkan akses air bersih. Ribuan warga juga kehilangan tempat tinggal gara-gara murka Israel yang menghancurkan 21 ribu rumah dan menewaskan sedikitnya 1.300 warga Palestina.

JERUSALEM - Israel yang membombardir Jalur Gaza, sekutunya -Amerika Serikat- yang andil membangun kembali kehancuran tersebut. Paman Sam dilaporkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News