Olmert Pecat Negosiator Israel

Olmert Pecat Negosiator Israel
Olmert Pecat Negosiator Israel
JERUSALEM - Gara-gara kebijakan tambahannya dalam kesepakatan damai Israel-Palestina dikritik, Perdana Menteri (PM) Ehud Olmert memecat Amos Gilad. Mulai Minggu (22/2), dia tidak lagi menjabat juru runding perdamaian Israel. Sebagai gantinya, Olmert menunjuk penasihat seniornya, Shalom Turjeman, dan Kepala Shin Beth Yuval Diskin.

"Terkait kritik terbuka Gilad yang tidak layak, dia tidak bisa lagi melanjutkan tugasnya sebagai utusan PM untuk negosiasi politik apa pun," papar Olmert dalam pernyataan tertulisnya, seperti dilansir Associated Press kemarin (24/2).

PM doyan perang itu berang karena Gilad menentang idenya untuk menukar serdadu Gilad Shalit dengan pencabutan blokade perbatasan Jalur Gaza.

Menurut Gilad, kasus pembebasan serdadu muda yang diculik militan sejak 2006 itu tidak bisa disatukan dengan gencatan senjata. Pendapat politikus senior tersebut sama dengan pendapat Hamas. Hamas pun menolak permintaan Olmert. Tapi, mereka bersedia membahasnya lebih lanjut dalam pertemuan berbeda. Pendapat senada diungkapkan juru runding Mesir.

JERUSALEM - Gara-gara kebijakan tambahannya dalam kesepakatan damai Israel-Palestina dikritik, Perdana Menteri (PM) Ehud Olmert memecat Amos Gilad.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News