Amerika Darurat Corona, Donald Trump Umumkan Rencana Borong Minyak

Amerika Darurat Corona, Donald Trump Umumkan Rencana Borong Minyak
Presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato State of the Union di depan Kongres. Foto: AFP

jpnn.com, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan rencana pembelian minyak mentah dalam jumlah besar untuk mengisi penyimpanan Cadangan Minyak Strategis (SPR). Langkah ini diyakini akan sangat membantu industri Amerika di tengah melambatnya ekonomi akibat virus corona.

Rencana borong minyak ini diumumkan Trump bersamaan dengan penetapan status darurat nasional terkait wabah virus corona.

"Amerika Serikat akan membeli minyak mentah dalam jumlah besar dengan harga yang sangat bagus," ujar Trump di Gedung Putih, Jumat (13/3) malam.

"Kami akan mengisinya (SPR) penuh sampai atas, ini akan menyelamatkan miliaran dolar uang rakyat," tambah dia.

Saat ini, ada 635 miliar barel minyak disimpan di SPR Amerika Serikat. Kapasitas maksimal SPR sendiri mencapai 713,5 barel.

Seperti diketahui, harga minyak dunia terus anjlok sejak wabah virus corona meluas hingga Timur Tengah dan Eropa. Kini harga per barrel hampir menyentuh USD 30, jauh di bawah harga USD 50 per barel sebulan yang lalu. (AFP/dil/jpnn)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan rencana pembelian minyak mentah dalam jumlah besar untuk mengisi penyimpanan Cadangan Minyak Strategis (SPR).


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber AFP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News