Amerika Serikat dan Tiongkok Masih Mendominasi Dunia Hingga Beberapa Abad Lagi

Amerika Serikat dan Tiongkok Masih Mendominasi Dunia Hingga Beberapa Abad Lagi
China tidak akan mencapai tingkat pengaruh yang pernah dimiliki AS di Asia, kata Lowy Institute. (Supplied: US Department of Defense)

jpnn.com - Pengaruh Amerika Serikat di Asia semakin menguat sejak pemerintahan Presiden Joe Biden, sementara pengaruh Tiongkok melemah akibat pandemi COVID-19, menurut indeks tahunan yang dirilis Lowy Institute.

'Asia Power Index' atau Indeks Kekuatan Asia, mengukur banyak aspek, di antaranya kemampuan ekonomi dan militer, hubungan ekonomi dan jaringan pertahanan, serta pengaruh di bidang kebudayaan.

Di tahun 2021, Amerika Serikat masih menjadi negara yang paling berpengaruh di wilayah Asia Pasifik, disusul Tiongkok di posisi kedua, yang kedudukannya terus menguat dalam catatan Indeks beberapa tahun terakhir.

"Pandemi benar-benar telah mempengaruhi banyak negara dan kemampuannya untuk menanggapi kejadian di luar, namun Amerika Serikat telah memperoleh kekuatan menyeluruh untuk pertama kalinya sejak tahun 2018," ujar direktur peneliti Lowy Institute, Hervé Lemahieu.

Alyssa Leng, ekonom dan peneliti yang berpartisipasi dalam penelitian Indeks mengatakan  "semakin menguatnya Amerika sebagian besar disebabkan oleh pemerintahan Biden".

"Sejak posisi AS rendah di masa pemerintahan Trump, pengaruh diplomatik Amerika telah kembali menguat di wilayah Asia Pasifik," ujarnya, yang juga menambahkan Amerika Serikat sudah menyumbang 90 juta dosis vaksin ke Asia, dua kali jumlah yang disumbangkan Beijing.

Pengaruh Tiongkok melemah untuk pertama kalinya sejak Indeks dicatat di tahun 2018.

"Beberapa tantangan ekonomi ditambah populasi yang kian menua telah memperlambat bertambahnya kemampuan negara tersebut untuk mengerahkan kekuatannya di Asia," ujar Hervé.

'Asia Power Index' dalam laporan Lowy Institute menunjukkan kekuatan Amerika Serikat di Asia menguat di bawah Pemerintahan Joe Biden, sementara pandemi COVID-19 melemahkan Tiongkok

Sumber ABC Indonesia