Anak Buah Anies Klaim Pohon Korban Revitalisasi Monas Hanya Dipindahkan

Anak Buah Anies Klaim Pohon Korban Revitalisasi Monas Hanya Dipindahkan
Suasana pembangunan Plaza Selatan Monas, Senin (20/1). Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/ama

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menyebutkan hanya 85 pohon di sisi selatan Monas yang dipindahkan untuk keperluan revitalisasi.

"Pohon-pohon yang terimbas proyek revitalisasi yang kondisinya masih sehat, ditanam di kawasan lain. Di sisi Barat, ada 55 pohon dan di sisi Timur ada 30 pohon," kata Saefullah di Balai Kota Jakarta, Jumat (24/1) petang.

Saefullah mengatakan dalam pengerjaan proyek di sisi Selatan ini, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan penanganan khusus dalam pemindahan pohon.

"Sebelumnya, dilakukan pemeriksaan menggunakan alat USG pohon terhadap pohon-pohon itu. Pemprov DKI mengelola, bagaimana kami ini menyayangi pohon, karena dia makhluk hidup juga yang harus kami sayangi, kami pelihara. Nanti bagaimana teman-teman merasakan, bagaimana empati kami terhadap pohon, tunggu waktunya," katanya.

Pernyataan Saefullah tersebut berbeda dengan keterangan tertulis Pemprov DKI Jakarta pada 18 Januari 2020 lalu yang menyebut terdapat 190 pohon terdampak proses revitalisasi di area Plaza Selatan.

Dengan demikian, jika ada 85 pohon yang dipindahkan sejauh ini, artinya ada sekitar 105 pohon dari sisi selatan Monas yang tidak diketahui nasibnya. (ant/dil/jpnn)

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menyebutkan hanya 85 pohon di sisi selatan Monas yang dipindahkan untuk keperluan revitalisasi.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News