Anak Nia Daniaty Bawa Nama KemenPAN-RB, Pak Tjahjo Keluarkan Instruksi Tegas

Anak Nia Daniaty Bawa Nama KemenPAN-RB, Pak Tjahjo Keluarkan Instruksi Tegas
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengeluarkan instruksi tegas terkait kasus anak Nia Daniaty. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyayangkan praktik percaloan CPNS yang melibatkan Olivia Nathania.

Dia mengatakan bahwa kasus putri penyanyi melankolis Nia Daniaty itu tidak bisa dibiarkan.

"Kami sudah meminta Polda Metro Jaya segera mengusut tuntas kasus tersebut," kata Tjahjo, Kamis (21/10). 

Tidak hanya itu, Tjahjo juga mendorong kepolisian untuk membongkar jaringan dan pihak lain yang terlibat.

Menurut dia tindakan tegas harus diberikan kepada Olivia supaya ada efek jera. Mengingat yang bersangkutan dengan sengaja membawa-bawa nama KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menteri Tjahjo menegaskan pemerintah menjamin tes seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) baik CPNS maupun PPPK dilakukan secara transparan dan akuntabel tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Pelaksanaan seleksi CASN dilakukan dengan computer assisted test (CAT) sehingga sulit bagi pihak lain untuk memengaruhi hasilnya. Bahkan, nilai seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS kali ini disiarkan langsung melalui akun YouTube BKN.

Jika ditemukan ada iming-iming untuk menjadi CPNS di luar prosedur dan tidak sesuai ketentuan, maka dipastikan itu adalah penipuan. 

Menteri Tjahjo mengeluarkan instruksi tegas terkait aksi anak Nia Daniaty yang membawa-bawa nama KemenPAN-RB dan BKN dalam kasus percaloan CPNS.