Anas Tekankan Demokrat Peduli Pertanian

Soal Mentan dari PD, Tergantung Presiden

Anas Tekankan Demokrat Peduli Pertanian
Anas Tekankan Demokrat Peduli Pertanian
CIREBON - Sektor pertanian kini menjadi salah satu perhatian serius Partai Demokrat. Oleh karena itu, berbagai program pemerintah dalam memajukan pertanian, disebutkan akan selalu didorong oleh parpol itu. Demikian antara lain dijelaskan oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, Rabu (16/3), saat berada di Cirebon.

Berbagai masukan disampaikannya kepada pihak Kementerian Pertanian (Kementan) dalam rangka membangun pertanian yang tangguh di Indonesia itu. Sementara salah satu yang dikritisinya adalah mengenai impor beras. "Impor (beras) tidak perlu dibiasakan, seandainya kita masih memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri," ujar Anas yang menghadiri acara pesta tani di Cirebon bersama sejumlah pengurus DPP dan anggota Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPR RI itu.

Menurut Anas, (kebijakan) impor tentulah bukan sesuatu yang haram, tergantung dari sudut mana memandangnya. Bila untuk pemenuhan kebutuhan pangan sehingga masyarakat dapat memperoleh beras dengan harga murah, tentu tujuannya sangat baik. "Tapi maksud saya, impor jangan selalu dibiasakan, karena akan membuat kita menjadi tergantung dengan pihak luar," tandasnya.

Supaya dapat memenuhi kebutuhan pangan - bahkan surplus - menurut Anas, yang mestinya dilakukan Kementan adalah memacu produksi. "Dan untuk meningkatkan produktivitas tersebut, sejumlah instrumen pendukung harus dimaksimalkan. Seperti ketersediaan pupuk, benih, pengairan dan sebagainya," katanya.

CIREBON - Sektor pertanian kini menjadi salah satu perhatian serius Partai Demokrat. Oleh karena itu, berbagai program pemerintah dalam memajukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News