Ancaman El Nino, Depdag Awasi Komoditas Beras

Ancaman El Nino, Depdag Awasi Komoditas Beras
Ancaman El Nino, Depdag Awasi Komoditas Beras
JAKARTA - Lantaran ancaman kemarau panjang atau lebih dikenal dengan nama El Nino di Indonesia, Departemen Perdagangan RI menegaskan akan lebih memfokuskan terhadap masalah pengawasan komoditas beras dan gula.

"Pada kuartal keempat tahun 2009 ini, komoditas beras dan gula merupakan masalah yang paling penting, baik dari sisi pasokan atau distribusinya, terkait dengan adanya kemarau panjang," terang Menteri Perdagangan RI Mari Elka Pangestu, di sela peringatan Hari Anak Nasional di Dunia Fantasi, Ancol, Kamis (23/7).

Mengenai masalah pasokan dan distribusi beras dan gula tersebut, terang Mendag, memang merupakan hal yang utama untuk patut diwaspadai. "Musim kemarau diprediksikan akan berlangsung cukup lama, sehingga diperkirakan akan mempengaruhi masa tanam di kuartal akhir tahun ini," jelas Mendag yang juga menambahkan, selain sisi pasokan dan produksi, pihaknya juga bakal mengantisipasi kebakaran lahan.

"Ini kerap kali terjadi di musim kemarau dan dikhawatirkan akan menghambat distribusi dan pengadaan beras dan gula nasional, sehingga penyebarannya tidak merata," lanjutnya.

JAKARTA - Lantaran ancaman kemarau panjang atau lebih dikenal dengan nama El Nino di Indonesia, Departemen Perdagangan RI menegaskan akan lebih memfokuskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News