Ancaman Gelombang Udara Panas di NSW dan Queensland

Ancaman Gelombang Udara Panas di NSW dan Queensland
Ancaman Gelombang Udara Panas di NSW dan Queensland

Rekor temperatur udara yang terjadi pada Sabtu pekan lalu (23/9/2017)  mungkin tidak akan berlangsung lama, karena wilayah pantai timur Australia bersiap menghadapi gelombang panas lainnya.

Kawasan di bagian Utara New South Wales dan Queensland akan menanggung beban panas yang ekstrem, dengan Kota Brisbane dan Ipswich diperkirakan akan mengalami  rekor panas ekstrim baru yang terjadi sepanjang bulan September, pada hari Kamis (27/9/2017) mendatang.

Suhu udara di kawasan-kawasan pedalaman Australia diperkirakan akan lebih panas lagi.

Biro Meteorologi Australia memprediksi Negara Bagian Queensland akan mencapai rekor suhu panas ekstrim baru di bulan September pada hari Rabu (27/9/2017), di mana suhu udara di Kota Birdsville di kanal barat Queensland diperkirakan akan mencapai 43 derajat. Itu sama dengan hari terpanas yang pernah tercatat di Australia.

Rekor suhu panas baru

Setelah sempat memecahkan rekor suhu terpanasnya sendiri pada akhir pekan lalu, New South Wales bagian barat diperkirakan kembali mengalami hal serupa.

Suhu di Kota Bourke diprediksi akan mencapai 42 derajat pada hari Rabu (27/9/2017), yang akan menjadi hari terpanas yang pernah tercatat di NSW.

Ini benar-benar merupakan “Cuaca di awal musim yang intens dan tidak biasa”, kata Scott Williams, prakirawan cuaca senior dari Biro Meteorologi bagian Cuaca Ekstrim.

Sebagian (dari suhu yang diperkirakan) akan mencatatkan rekor baru dengan perbedaan suhu 2-3 derajat, sehingga ini sangat signifikan.’ Katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News