Anda Harus Tahu Riau..!

Anda Harus Tahu Riau..!
Anda Harus Tahu Riau..!
SECARA geografis, Provinsi Riau berada di tengah Pulau Sumatera dan beribukota Pekanbaru. Luas wilayah Provinsi Riau adalah 111.228,65 kilometer persegi yang terdiri dari pulau-pulau dan laut-laut. Daerah Provinsi Riau beriklim tropis basah dengan rata-rata curah hujan berkisar antara 2000-3000 milimeter per tahun yang dipengaruhi oleh musim kemarau serta musim hujan. Rata-rata hujan per tahun sekitar 160 hari.

Riau kaya akan sumber daya alam (SDA), baik kekayaan yang terkandung dalam perut bumi, seperti minyak dan gas, emas, batubara, timah dan lain-lain, maupun kekayaan hutan dan perkebunannya dan juga kekayaan sungai dan lautnya.

Suku bangsa yang hidup di Riau sangat heterogen, yakni suku Melayu, Bugis, Minangkabau, Jawa, Batak, Sunda, Makassar, dan suku Tionghoa. Bahasa yang digunakan antara lain bahasa Melayu (terdiri dari beberapa dialek Melayu lokal), bahasa Indonesia dan bahasa Hokkian. Tapi umumnya, tiap suku menggunakan bahasanya masing-masing. Mayoritas masyarakat Riau memeluk agama Islam, sebagian kecil Kristen, Hindu, Buddha dan Konghucu.

Provinsi Riau terdiri dari 12 kabupaten/kota, yakni : Kota Pekanbaru dengan ibukota Pekanbaru, Kota Dumai dengan ibukota Dumai, Kabupaten Bengkalis dengan ibukota Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir dengan ibukota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hulu dengan ibukota Rengat, Kabupaten Kampar dengan ibukota Bangkinang, Kabupaten Siak dengan ibukota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Pelalawan dengan ibukota Pangkalan Kerinci, Kabupaten Rokan Hilir dengan ibukota Bagan Siapiapi, Kabupaten Rokan Hulu dengan ibukota Pasir Pengaraian, Kabupaten Kuantang Singingi dengan ibukota Teluk Kuantan, Kabupaten Kepulauan Meranti dengan ibukota Selatpanjang.

SECARA geografis, Provinsi Riau berada di tengah Pulau Sumatera dan beribukota Pekanbaru. Luas wilayah Provinsi Riau adalah 111.228,65 kilometer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News