Anda Masih Takut Gelap? Tidak Perlu Malu, Wajar Kok...

Anda Masih Takut Gelap? Tidak Perlu Malu, Wajar Kok...
Ilustrasi. Foto: Glamour.com

jpnn.com - Selama ini ketakutan akan gelap lebih diasosiasikan kepada anak-anak. Jika orang dewasa mengalaminya maka kerap dicibir sebagai "penakut" atau "pengecut".

Padahal, menurut pakar pskilogi, ketakutan akan gelap adalah phobia yang normal dimiliki orang dewasa.

"Takut akan kegelapan adalah sangat umum di kalangan orang dewasa. Diperkirakan 11 persen dari populasi AS takut akan kegelapan," kata psikolog klinis, John Mayer, seperti dilansir laman Glamour, Senin (3/4).

Dia mengatakan, ketakutan tersebut memiliki dasar yang sangat logis. Pasalnya, kegelapan secara harfiah merusak visi Anda.

"Dan ini secara inheren menyebabkan rasa ketidaknyamanan. Jadi bukan kegelapan yang kita takutkan, tapi apa yang ada di dalam kegelapan tersebut. Apa yang kita tidak bisa lihat," tambah Clark.

Kepala psikolog di Montefiore Medical Center/Albert Einstein College of Medicine di New York City, Simon Rego mengatakan bahwa takut gelap bisa juga dikaitkan dengan teori evolusi.

Nenek moyang kita yang merupakan manusia gua lebih berisiko diserang oleh predator dalam gelap. Hal ini membuat rasa takut tumbuh di diri mereka.

Plus, Anda tidak bisa melihat apapun dalam kegelapan dan Anda tidak bisa menangkis seseorang yang ingin menyerang Anda.

Selama ini ketakutan akan gelap lebih diasosiasikan kepada anak-anak. Jika orang dewasa mengalaminya maka kerap dicibir sebagai "penakut" atau "pengecut".

Sumber Glamour.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News