Andai PDIP Menang, Puan Diprediksi Jadi Ketua DPR

Andai PDIP Menang, Puan Diprediksi Jadi Ketua DPR
Andai PDIP Menang, Puan Diprediksi Jadi Ketua DPR

jpnn.com - JAKARTA - Karir politik Ketua Badan Pemenangan Pemilu (BP) PDI Perjuangan Puan Maharani diprediksi bakal makin bersinar apabila partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu berhasil memenangi pemilu legislatif dan presiden tahun ini. Puan yang juga anak kandung Megawati itu dipastikan akan menempati posisi strategis jika PDIP menguasai pemerintahan.

"Puan sebagai trah Soekarno akan mendapatkan posisi strategis jika PDIP unggul di pileg dan memenangi pilpres," kata Heri Budianto, pengamat politik dari Political Communication (Polcomm) Institute kepada wartawan di Jakarta, Jumat (28/3).

Menurut Heri, Puan bisa saja diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Joko Widodo yang sudah ditetapkan sebagai capres PDIP. Namun, kata Heri, jika melihat pada realitas politik yang menuntut koalisi untuk pilpres maka PDIP tidak mungkin memasang dua kadernya sebagai pasangan capres.

Hanya saja kalaupun tidak dipasang sebagai cawapres, Puan tetap akan mendapatkan jabatan strategis pascapemilu 2014. Heri menilai Puan bisa menjadi Ketua DPR RI, sebuah posisi prestisius yang menjadi incaran banyak politisi.

Terlebih, posisi Ketua DPR juga menentukan konstelasi politik di parlemen. "Mengingat Jokowi bukan trah Soekarno, maka Puan jika tidak di wapres lebih strategis di posisi Ketua DPR," tandasnya.(dil/jpnn)


JAKARTA - Karir politik Ketua Badan Pemenangan Pemilu (BP) PDI Perjuangan Puan Maharani diprediksi bakal makin bersinar apabila partai pimpinan Megawati


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News