Andhika Sudarman, Pemuda Indonesia Lulusan Terbaik Harvard

Andhika Sudarman, Pemuda Indonesia Lulusan Terbaik Harvard
Andhika Sudarman menjadi orang Indonesia dan Asia Tenggara pertama dalam sejarah, yang memberikan pidato kelulusan di Harvard Law School. Foto dok pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Andhika Sudarman berhasil melanjutkan pendidikan di Harvard Law School, Amerika Serikat, salah satu sekolah hukum terbaik di dunia.

Kerja keras Andhika berbuah manis lantaran lulus menjadi mahasiswa terbaik pada 2020 di Harvard Law School.

Dia juga menjadi orang Indonesia dan Asia Tenggara pertama dalam sejarah, yang memberikan pidato kelulusan di Harvard Law School.

Pada Minggu (29/5), Andhika kembali lagi ke Harvard Law School untuk menjalani wisuda offline.

Kedatangannya kembali ke Harvard tidak dengan tangan kosong, tetapi dengan berbagai prestasi yang sudah dia raih.

“Keterbatasan ekonomi menjadi salah satu faktor keterhambatan sebagian orang di Indonesia dalam menempuh pendidikan. Saya sendiri bisa berkuliah berkat pengorbanan kakak saya yang dulu memutuskan tidak melanjutkan kuliah agar bisa memberi kesempatan kepada saya,” ungkap Andhika.

Perjuangannya selama 18 bulan setelah lulus membuahkan hasil, Andhika memiliki dua platform berbasis digital untuk memajukan anak bangsa.

Pertama, membangun SejutaCita, aplikasi pertama Indonesia yang memenangkan Juara 1 Best App Award oleh Google 2021, mengalahkan tiga unicorns dan puluhan perusahaan lainnya dalam nominasi.

Andhika Sudarman menjadi orang Indonesia dan Asia Tenggara pertama dalam sejarah, yang memberikan pidato kelulusan di Harvard Law School.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News