Andi Akmal Soroti Soal Produksi Kakao di Indonesia, Begini Catatannya

Andi Akmal Soroti Soal Produksi Kakao di Indonesia, Begini Catatannya
Ilustrasi - Kakao. Foto. Dok. Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin mendorong pemerintah untuk mengembalikan kejayaan kakao di Indonesia.

Menurut Akmal, sekarang Indonesia turun dari peringkat 3 menjadi peringkat 6 negara penghasil kakao terbanyak di dunia, karena memang produksi turun dan lahannya berkurang.

“Lima provinsi terbesar penghasil kakao di Indonesia ada di Sulawesi. Jadi, kita berharap kalau di Pulau Sumatera, ada karet dan sawitnya, di Sulawesi seharusnya ada trademark-nya, yakni kakao. Jadi, produk unggulan tiap daerah yang dikelola oleh masyarakatnya dapat dikembangkan sesuai potensi masing-masing daerah,” ujar Akmal di Jakarta, Rabu (23/6).

Legisator asal Sulawesi Selatan II ini menegaskan saat ini petani kakao banyak dari kalangan masyarakat kecil. Mereka adalah pekebun-pekebun kecil. Jadi, selayaknya, pemerintah turun tangan dengan berbagai kekuasaannya membantu masyarakat melalui kebijakan anggaran dan program.

Politikus PKS ini mengatakan penjelasan dari pemeritah melalui kementerian bahwa berdasarkan data FAO, Indonesia berada di urutan ketiga produksi kakao dunia dan nilai produksi kakao berdasarkan Angka Tetap 2019 BPS RI sebesar 734.796 ton.

Akmal sangat berharap pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkebunan dapat merealisasi program untuk menunjang/mengangkat peningkatan produksi kakao.

“Saya meminta, ada realisasi kegiatan pemerintah untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing untuk komoditas perkebunan khususnya juga pada komoditas seperti kegiatan peremajaan dan intensifikasi,” kata Akmal.

Dia mengatakan peningkatan produksi dapat dilakukan dengan bantuan berupa pupuk, sarana pemeliharaan maupun alat mesin pertanian. Bahkan pendampingan SDM untuk makin meningkatkan kemampuan pengetahuan dan praktik sehingga petani-petani mengikuti perkembangan teknologi dan informasi terbaru di bidang cocok tanam dan pemasaran.

Sekarang Indonesia turun dari peringkat 3 menjadi peringkat 6 negara penghasil kakao terbanyak di dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News