Anggaran 89 Proyek Prioritas Jokowi Mencapai Rp 1.422 Triliun

Anggaran 89 Proyek Prioritas Jokowi Mencapai Rp 1.422 Triliun
Presiden Jokowi. Foto: ANTARA/Bayu Prasetyo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyetujui 89 proyek dimasukkan dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020. Nilai proyek itu diperkirakan mencapai Rp 1.422 triliun.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto setelah mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo tentang evaluasi PSN untuk pemulihan ekonomi nasional dampak Covid-19 melalui telekonferensi, Jumat (29/5).

Airlangga mengatakan, pemerintah sendiri mengusulkan 245 proyek untuk dimasukkan dalam PSN. Namun, presiden hanya menyetujui 89 proyek untuk masuk dalam rekomendasi.

"89 direkomendasikan sebagai PSN baru dan PSN baru ini sebesar Rp 1.422 triliun. Yang terdiri dari 56 proyek merupakan program usulan baru, 10 proyek merupakan proyek perluasan, dan 15 proyek dikelompokkan dalam program baru dan 8 proyek ketenegalistrikan," kata Airlangga.

Airlangga memerinci ada 15 proyek terkait jalan dan jembatan. Lalu, lima proyek bandara dengan nilai Rp 5,66 triliun. Kemudian, lima proyek kawasan industri senilai Rp 327,2 triliun.

Selanjutnya ada 13 proyek bendungan dan irigasi senilai Rp 71,8 triliun. Satu proyek tanggul laut Rp 5,68 triliun.

Ada juga satu program dan dua proyek smelter. Selain itu, satu proyek penyediaan lahan pangan yang berada di Kalimantan Tengah.

Lalu lima proyek pelabuhan, enam proyek kereta api, 13 proyek kawasan perbatasan, 12 proyek energi, enam proyek air bersih, satu proyek pengelolaan sampah, dan tiga proyek pengembangan teknologi termasuk teknologi drone senilai Rp 27,17 triliun. Dan sejumlah proyek lainnya. (tan/jpnn)

Presiden Joko Widodo menyetujui 89 proyek dimasukkan dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020. Nilai proyek itu diperkirakan mencapai Rp 1.422 triliun.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News