Anggaran Banyak, Reses DPR Lebih Mirip Pulang Kampung

Anggaran Banyak, Reses DPR Lebih Mirip Pulang Kampung
Anggaran Banyak, Reses DPR Lebih Mirip Pulang Kampung
JAKARTA - Anggaran untuk masa reses DPR dari taun ke tahun terus meningkat. Jika 2011 lalu anggaran reses DPR dipatok Rp 343 miliar, untuk tahun alokasinya mencapai Rp 539 miliar.

Sayangnya kenaikan anggaran reses itu tak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. "Anggota DPR  turun ke daerah itu, bukan seperti reses. Tapi lebih pulang kampung saja," kata Koordinator Advokasi dan Investigasi Forum Indonesia untuk Trasparansi Anggaran (FITRA), Uchok Sky Khadafi kepada JPNN di Jakarta, Minggu (28/10).

Menurutnya, jika memang benar anggota DPR turun ke daerah pemilihan selama masa reses maka harusnya ada aspirasi yang benar-benar terserap dan diperjuangkan di parlemen. "Tapi  setelah selesai reses dan anggota dewan masuk ke parlemen, kelihatan sepi-sepi saja. Tidak ada isu yang diperdebatkan. Jadi kalau seperti ini, fungsi DPR belum 100 persen dijalankan,"katanya.

Padahal, lanjutnya, dari anggaran untuk reses 2012 itu bisa dipastikan setiap anggota DPR menerima Rp963 juta. Angka ini berdasarkan data  yang diolah dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor  32 Tahun 2011 tentang rincian anggaran belanja pemerintah pusat tahun anggaran 2012.

JAKARTA - Anggaran untuk masa reses DPR dari taun ke tahun terus meningkat. Jika 2011 lalu anggaran reses DPR dipatok Rp 343 miliar, untuk tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News