Anggaran BOS SMA Perlu Dikaji

Anggaran BOS SMA Perlu Dikaji
Anggaran BOS SMA Perlu Dikaji
MAKASSAR - Rencana pemerintah merintis wajib belajar 12 tahun dengan memberikan dana BOS untuk siswa SMA dan SMK mendapat respons positif Pemkot Makassar. Hanya saja, pemerintah masih perlu mengkaji dana BOS  SMA/SMK yang hanya Rp200 ribu per tahun.

Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Mahmud BM mengatakan, anggaran Rp200 ribu tidak akan cukup membiayai pendidikan di jenjang SMA dan SMK. Apalagi, siswa di sekolah menengah kejuruan (SMK) memiliki mata pelajaran praktikum yang biayanya sangat besar.

Sebagai gambaran, pemerintah mengucurkan dana BOS untuk SMP Rp575 ribu per tahun dan SD Rp400 ribu per tahun. Anggaran yang lebih besar dari yang akan diperoleh siswa SMA itupun dinilai banyak kalangan masih minim dan tidak cukup membiayai semua kegiatan.

Analisa biaya ideal yang pernah dilakukan, kata Mahmud, berkisar Rp1.050.000 per tahun untuk siswa SD dan Rp1.750.000 per tahun untuk SMP. "Bila hanya Rp200 ribu per tahun untuk SMP, sepertinya tidak akan cukup," kata Mahmud, Selasa, (27/9).

MAKASSAR - Rencana pemerintah merintis wajib belajar 12 tahun dengan memberikan dana BOS untuk siswa SMA dan SMK mendapat respons positif Pemkot

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News