Mayoritas Pemda Ingin Dana BOS dari Provinsi Langsung ke Sekolah

Mayoritas Pemda Ingin Dana BOS dari Provinsi Langsung ke Sekolah
Mayoritas Pemda Ingin Dana BOS dari Provinsi Langsung ke Sekolah
JAKARTA - Mayoritas Pemerintah Daerah (Pemda) menginginkan mekanisme pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah disalurkan langsung dari Dinas Pendidikan Provinsi ke sekolah. Hal itu terungkap dari hasil survey yang dilakukanKementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas).

Berdasarkan survey tersebut, dari 497 kabupaten/kota ternyata  425 di antaranya memilih mekanisme pencairan dana BOS seperti tahun 2010. Sementara untuk tahun 2011 ini, mekanisme pencairan BOS dilakukan dari Kas Umum Negara ke Kas Umum Daerah, untuk selanjutnya baru disalurkan ke  sekolah.

Dirjen Pendidikan Dasar Kemdiknas, Suyanto mengatakan, alasan utama mayoritas Pemda menginginkan pencairan dana BOS dikembalikan seperti tahun 2010 karena mekanismenya dinilai lebih mudah dan sederhana. Sementara mekanisme 2011 dianggap rumit karena harus mengikuti aturan pengelolaan keuangan daerah dan sekolah tidak siap dengan mekanisme tahun 2011.

Menurutnya, alasan lain Pemda memilih pencairan dana BOS seperti tahun lalu karena dianggap penyaluran dana lebih cepat, pengawasan/kendali penggunaan dana di sekolah lebih akurat, dan dengan undang-undang bahwa pendidikan dasar adalah wewenang kabupaten/kota.

JAKARTA - Mayoritas Pemerintah Daerah (Pemda) menginginkan mekanisme pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah disalurkan langsung dari Dinas Pendidikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News