Anggaran Pemilu 2024 Sebesar Rp 76 Triliun, Ketua KPU: Kapan Cairnya?

Anggaran Pemilu 2024 Sebesar Rp 76 Triliun, Ketua KPU: Kapan Cairnya?
Uang Rupiah. Ilustasri. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mempertanyakan waktu pencairan anggaran tahapan Pemilu 2024.

Hal ini lantaran menurut dia, anggaran Pemilu 2024 sebesar Rp 76 triliun sudah tidak akan berubah lagi.

"Tentang (anggaran, red) masing-masing tahun sudah disampaikan KPU, Insyaallah tidak akan berubah. Persoalannya begini, cairnya kapan?" kata Hasyim Asy'ari seusai pertemuan dengan Komite I DPD RI, Selasa (24/5).

Dia juga menjelaskan anggaran tahapan Pemilu 2024 untuk tahun 2022 baru dicairkan Rp 2 triliun, sedangkan yang dibutuhkan oleh pihaknya sebesar Rp 8 triliun.

"Tahapan pemilu paling dekat kegiatan besar dilakukan pendaftaran partai, ada verifikasi partai, antara Agustus-Desember itu perlu pembiayaan besar," lanjutnya.

Tak hanya itu, dia juga menyebutkan kegiatan yang akan dilalui oleh KPU selanjutnya ialah seleksi anggota di provinsi dan kabupaten/kota.

Selain itu, Hasyim juga menyebutkan pada bulan Desember akan ada tahapan penyerahan dukungan calon anggota DPD RI dan perlu melakukan sosialiasi.

"harus menyampaikan banyak hal pada publik, pada para calon DPD RI, dan melakukan Bintek (Bimbiangan Teknisk) bagi tim para calon DPD RI," pungkasnya.(mcr8/jpnn)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mempertanyakan waktu pencairan anggaran tahapan Pemilu 2024.


Redaktur : Friederich Batari
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News