Anggota DPR Ini Kebanjiran SMS Derita Akibat Asap dari Konstituen

Anggota DPR Ini Kebanjiran SMS Derita Akibat Asap dari Konstituen
Anggota DPR, Daniel Johan. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - PONTIANAK - Anggota Komisi IV DPR dari daerah pemilihan Kalimantan Barat, Daniel Johan, punya kesibukan tambahan. Dalam sebulan terakhir, konstituennya di Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang, dan Pontianak, terus mengirimkan SMS ke Ponselnya.

“Pesan tersebut semuanya terkait keluhan kapan bencana asap ini akan berakhir. Asap di Kalbar makin menggila, teriakan masyarakat makin banyak. Tak kurang 200 SMS per hari (masuk ke HP-nya). Kalau sebelumnya SMS minta pulsa, sekarang semua tentang penderitaan asap,” ungkap Daniel kepada Rakyat Kalbar (Grup JPNN.com), Rabu (30/9).  

Salah satu SMS yang masuk ke Wakil Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berbunyi,

“Pak Daniel, tolong. Di Kalbar sekarang tidak 2 musim lagi, tapi sudah 3 musim. Ada panas, hujan, dan asap. Ini harus dilihat, banyak bayi dan anak-anak (jadi korban, Red)," sebutnya.

Alhasil, ia meminta pemerintah tidak ragu menetapkan status Bencana Nasional Kabut Asap di Sumatera dan Kalimantan. Kesehatan rakyat Kalbar yang jadi korban asap, menurut Daniel, tidak sedikit.

Selain itu, aktivitas masyarakat, sudah sangat terganggu sehingga produktivitas diyakini menurun.

“Harus darurat nasional, tak perlu ragu. Saya sudah bicara ini harus ditetapkan. Aneh kalau dampaknya sudah sedemikian besar, membuat jutaan masyarakat korban, tapi tidak dinyatakan darurat nasional," tuntut Daniel.

Dia juga menyinggung perilaku pembakar hutan yang cenderung dilakukan oknum pengusaha. Bila imbasnya terasa, maka kalangan petani yang dijadikan kambing hitam.

PONTIANAK - Anggota Komisi IV DPR dari daerah pemilihan Kalimantan Barat, Daniel Johan, punya kesibukan tambahan. Dalam sebulan terakhir, konstituennya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News