Anggota DPR Nilai Daerah Kurang Sigap Atasi Bencana

Anggota DPR Nilai Daerah Kurang Sigap Atasi Bencana
Anggota DPR Nilai Daerah Kurang Sigap Atasi Bencana
JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Yudi Widiana Adia, menilai bahwa kesigapan daerah terhadap terjadinya bencana masih kurang. Hal itu katanya, dibuktikan dengan beberapa daerah yang belum membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi dan kabupaten, karena pembentukannya dipandang membebani Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Kami di DPR sudah menyelesaikan penanganan bencana dari sisi legislasi. Hanya memang, kesigapan di daerah kurang. Meskipun di tingkat nasional sudah terbentuk (BNPB), tapi daerah memandang BPBD masih membebani APBD mereka," ujar Yudi Widiana Adia, pada diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (30/10).

Akibatnya, kata Yudi pula, relawan bencana lebih sigap dibanding para birokrat di lokasi bencana. "Saya pernah menjadi relawan di Aceh dan Tasik. (Terlihat) Betapa apresiatifnya masyarakat kepada relawan," tukasnya.

Yudi pun menilai bahwa kesigapan bencana belum menjadi kesadaran umum bersama di tingkat nasional, terkhusus di daerah yang menjadi dampak terjadinya bencana, sehingga tidak terantisipasi. Ketidaksigapan itu, kata Yudi lagi, dilihat dari tidak adanya peta evakuasi, serta pembangunan infrastruktur yang tidak memperhatikan lingkungan.

JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Yudi Widiana Adia, menilai bahwa kesigapan daerah terhadap terjadinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News