JPNN.com

Anggota Komisi IX Sesalkan Pernyataan Menkes soal Cacing

Minggu, 01 April 2018 – 23:51 WIB Anggota Komisi IX Sesalkan Pernyataan Menkes soal Cacing - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Irma Suryani Chaniago mengatakan cacing yang layak dimakan adalah yang tidak memiliki efek samping ketika dikonsumsi seperti cacing tanah untuk obat maupun cacing sagu.

"Bukan cacing yang ada di makanan kaleng," kata Irma, Minggu (1/4).

Seperti diketahui, BPOM menarik 27 merek produk ikan makarel kalengan dari pasaran. Hal itu setelah hasil pengujian positif menunjukkan produk tersebut mengandung parasit cacing.

Hingga 28 Maret 2018 BPOM melakukan pengujian terhadap 541 sampel ikan dalam kemasan yang terdiri dari 66 merek. Hasil pengujian menunjukan 27 merek yang terdiri dari 16 produk impor dan 11 merek produk dalam negeri, positif mengandung parasit cacing.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek lantas mengatakan bahwa cacing itu sebenarnya isinya protein dan layak dikonsumsi.

"Saya kira kalau sudah dimasak kan saya kira juga steril. Insyaallah tidak jadi ini (penyakit)," kata Nila usai rapat dengan anggota Komisi IX DPR Kamis (29/3) lalu.

Irma menyesalkan statemen Menteri Kesehatan Nila F Moeloek yang terlalu terburu-buru. Menurut Irma, makanan kaleng yang mengandung cacing selain menjijikkan dan bisa bikin alergi, serta sakit perut tentu tidak layak konsumsi.

"Masih banyak, bu, makanan lain yang sehat dan layak konsumsi. Jangan paksakan, apalagi 16 produk tersebut impor," katanya. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...