Anggota TNI Tebang Pisang, Warga Ngamuk

Anggota TNI Tebang Pisang, Warga Ngamuk
Anggota TNI Tebang Pisang, Warga Ngamuk
SORONG- Konflik pertanahan antara warga dengan TNI AL terjadi di Jln Bubara, Sorong. Warga merasa hidupnya tak nyaman, lantaran pihak Lanal menyatakan lahan untuk pembangunan Mako Lanal di Jln Bubara itu adalah milik TNI AL. Sedang warga merasa sudah cukup lama tinggal di lahan itu. Konflik pun sudah memanas di lapangan, kemarin. Warga sekitar Jln Bubara  Klademak I mengamuk. Mereka melampiskan kemarahannya dengan melakukan aksi palang jalan dan merobohkan tiang listrik di sekitar Jln Bubara tersebut.

Kemarahan warga dipicu dari adanya aksi bersih-bersih dari anggota Lanal Sorong. Seperti diketahui Mako Lanal yang baru berada di Jln Bubara (eks Depo Marinir, belakang Supermarket Saga). Dalam kegiatan pembersihan itu, ternyata anggota Lanal juga memangkas pohon pisang di lahan yang diklaim  milik warga. Begitu mengetahui pohon pisang mereka ditebang, warga pun langsung mengamuk. Dalam aksinya  beberapa warga mengaku  sudah puluhan tahun tinggal di atas lahan sekitar Mako Lanal tersebut dan selama ini belum pernah mereka merasa terusik.

Versi warga, penebangan pohon pisang tanpa pemberitahuan sebelumnya. “Maunya apa, seenaknya tebang pohon pisang. Memang pohon pisang ini milik siapa?. Tanah ini  sudah puluhan tuhun kita tempati bersama anak-anak kita,” ujar salah satu warga. Aksi tebang pisang dibalas oleh warga dengan memotong pagar pembatas di Mako Lanal menggunakan gergaji  besi dan merusak pagar kawat dan Pos Kamling yang berada di sebelah Barat Makolanal.

Dalam aksinya yang membabi buta, warga merusak Pos Kamling mulai dari atap hingga temboknya dihancurkan. Dalam sekejap bangunan Pos Kamling itu pun tinggal separuh. Pantauan Koran ini, awalnya aksi mengamuk ini hanya diikuti puluhan warga, namun kemudian semakin banyak warga datang ke TKP. Tak pelak ratusan warga pun langsung ikut dalam aksi tersebut.

SORONG- Konflik pertanahan antara warga dengan TNI AL terjadi di Jln Bubara, Sorong. Warga merasa hidupnya tak nyaman, lantaran pihak Lanal menyatakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News