Anggota TNI Yonif 411 Kostrad Bantu Persalinan Warga Kampung Erambu Papua

Anggota TNI Yonif 411 Kostrad Bantu Persalinan Warga Kampung Erambu Papua
Anggota TNI Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG membantu proses persalinan warga Kampung Erambu, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (31/10). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, MERAUKE - Anggota TNI Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG membantu proses persalinan warga Kampung Erambu, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Dansatgas Yonif 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya di Distrik Elikobel, Merauke, Papua, Sabtu (2/11/2019) mengatakan tepat di tengah malam hari sekitar pukul 00.30 WIT, tangis kebahagiaan bercampur aduk menjadi satu, saat bayi mungil yang dilahirkan dengan normal oleh Ibu Betti Lavia Majay.

“Dengan penuh perjuangan, dua personel Pos Kaliwanggo yakni Bintara Kesehatan Pos Serka Abdul Wahab dan Tamtama Kesehatan Pratu Willy Wijaya Permana membantu proses persalinan warga Kampung Erambu, Distrik Sota, Merauke, Kamis (31/10/2019),” ungkapnya.

Dansatgas menjelaskan kejadian tersebut bermula pada hari Rabu 30 Oktober 2019, pukul 23:05 WIT saat Kapolsubsektor Toray-Erambu Ipda Haris M. Utama datang ke Pos Kaliwanggo dan memberitahu bahwa ada warga Kampung Erambu yang segera membutuhkan pertolongan untuk melahirkan.

Selanjutnya, Danpos Kaliwanggo Kapten Inf Adik Sunarto memerintahkan Bintara dan Tamtama Kesehatan Pos beserta dua anggota lainnya untuk menuju kerumah Ibu Betti, agar dapat segera memberikan pertolongan persalinan sambil menunggu ambulance dari Puskesmas Sota yang sedang dalam perjalanan menuju Kampung Erambu.

Saat sampai di lokasi, sang Ibu segera mendapat pertolongan persalinan dari Serka Abdul Wahab dan Pratu Willy Wijaya, hingga akhirnya melalui proses yang dramatis berhasil melahirkan seorang anak laki-laki dengan proses persalinan normal.

“Tak lama setelah proses persalinan selesai dan berjalan lancar, selanjutnya sang Ibu dan bayi dibawa oleh petugas Puskesmas Sota menggunakan ambulance untuk segera mendapatkan perawatan supaya ibu dan bayi kondisinya tidak menurun setelah proses persalinan yang lebih cepat dari prediksi yang telah ditentukan,” tutur Mayor Inf Rizky Aditya.

Dansatgas mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan para prajurit merupakan implementasi dari komitmen Satgas sejak awal penugasan, yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan serta dapat bersinergi dengan semua instansi dalam membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat.

Anggota TNI Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG membantu proses persalinan warga Kampung Erambu, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News