Angin Kencang, Nelayan Menganggur

Angin Kencang, Nelayan Menganggur
Angin Kencang, Nelayan Menganggur
PEMALANG - Angin besar yang kerap melanda Laut Jawa akhir-akhir ini membuat gelombang di tengah laut meninggi. Akibatnya, banyak nelayan di Desa Tanjungsari Kecamatan Pemalang yang memilih menambatkan perahunya, lantaran takut karam diterjang ombak.

Praktis tak banyak yang bisa dilakukan nelayan kecuali menunggu kondisi gelombang laut membaik. Nelayan dan para anak buah kapal (ABK) hanya mengisi waktu luang dengan memperbaiki peralatan-peralatan melautnya seperti jaring.

Seorang ABK Kapal Suka Setia, Robani mengatakan, kondisi laut saat ini sedang kurang bagus. Angin terlalu kencang dan hasil tangkapan turun. Nelayan lebih memilih beristirahat dalam beberapa hari ke depan, sebab diyakini kondisi semacam itu diperkirakan hanya akan berlangsung beberapa hari. Dijelaskan Robani, para nelayan lebih memilih untuk menghemat tenaga.

Pasalnya, kalaupun nekat melaut hasil yang diperoleh juga minim. Sedangkan biaya operasionalnya tetap tinggi, apalagi saat ini solar sebagai bahan bakar utama kapal juga sedang langka.

 

PEMALANG - Angin besar yang kerap melanda Laut Jawa akhir-akhir ini membuat gelombang di tengah laut meninggi. Akibatnya, banyak nelayan di Desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News