Angka Kematian Ibu Menurun

Angka Kematian Ibu Menurun
Angka Kematian Ibu Menurun
SLAWI - Angka Kematian Ibu (AKI) di wilayah Kabupaten Tegal hingga Desember 2012 menurun. Dibanding dengan tahun 2011, angka absolut atau kematian ibu mencapai 51 jiwa. Sedangkan di tahun ini, hanya 34 jiwa.

"Jadi ketika ada ibu melahirkan, pertama ditangani di puskesmas atau hulu. Kemudian apabila di puskesmas tidak sanggup menangani, pasien harus secepatnya dibawa ke rumah sakit," terang Kepala Dinas Kesehatan dr Hendadi Setiaji MKes, Senin (10/12).

Hal itu dilakukan, lanjut Hendadi, agar nyawa pasien bisa tertolong. Sejauh ini, kematian ibu melahirkan karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang kondisi kritis yang dialami pasien. Karena itu, pihaknya berharap, dengan adanya seminar ini, peserta dapat memberikan sosialisasi kembali kepada pasien. Sehingga, angka kematian semakin menurun.

"Dari data nasional, 44 persen kematian ibu terjadi di rumah sakit sehingga kualitas pelayanan dan ketepatan waktu merujuk perlu ditingkatkan," ujarnya.

SLAWI - Angka Kematian Ibu (AKI) di wilayah Kabupaten Tegal hingga Desember 2012 menurun. Dibanding dengan tahun 2011, angka absolut atau kematian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News