Angka Pengangguran SMA Meningkat

Angka Pengangguran SMA Meningkat
Angka Pengangguran SMA Meningkat
JAMBI- Jumlah angkatan kerja di Provinsi Jambi pada Agustus 2012 mencapai 1.470.000 orang. Jumlah ini berkurang 24.300 orang dibandingkan data Agustus 2011 lalu. Fenomena berkurangnya angkatan kerja terjadi merata di Sumatera. Namun sebaliknya berbeda di Pulau Jawa.

“Ini memang fenomena menarik. Terjadi sama di Sumatera. Tapi berbeda di Pulau Jawa, angkatan kerjanya malah naik,”ujar Kepala BPS Provinsi Jambi Yos Rusdiansyah.

Ia mengatakan, ada beberapa faktor yang diperkirakan menjadi penyebab. Pertama, banyak tamatan SMA yang kemungkinan besar melanjutkan pendidikan baik ke diploma maupun strata satu.

Ini bisa terlihat dari data naiknya angka bukan angkatan kerja yakni dari 714.300 orang menjadi 789.800 orang. Apalagi, dilihat dari jumlah tingkat pengangguran terbuka dari SMK dan SMA mengalami kenaikan dari 6,12 persen menjadi 6,8 persen. “Mengingat pendidikan SMA saat ini sulit untuk mendapatkan pekerjaan formal.

“Tentu saja, mereka yang melanjutkan pendidikan tidak masuk lagi dalam angkatan kerja,”katanya.

JAMBI- Jumlah angkatan kerja di Provinsi Jambi pada Agustus 2012 mencapai 1.470.000 orang. Jumlah ini berkurang 24.300 orang dibandingkan data Agustus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News