Angka Perceraian di Jatim Tertinggi, Khofifah Ungkap Penyebabnya, Oh Ternyata

Angka Perceraian di Jatim Tertinggi, Khofifah Ungkap Penyebabnya, Oh Ternyata
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan penyebab angka perceraian di Jatim menempati posisi tertinggi. Menurutnya, faktor penyebab perceraian di Jatim berbeda dengan di Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

"PR kita bersama, angka perceraian di Jawa Timur yang tertinggi. Penyebab perceraian di Jawa Timur karena tidak harmonis, bukan karena faktor ekonomi tapi ada wanita idaman lain," kata Khofifah dalam acara Konsolidasi Perencanaan dan Penganggaran BKKBN di Surabaya, Senin (16/9) malam.

Khofifah menceritakan bahwa dirinya harus menandatangani surat terkait perceraian yang menumpuk. Dia mengungkapkan perceraian paling tinggi terjadi pada profesi guru.

Khofifah yang pernah menjabat Menteri Sosial itu juga memaparkan penyebab terjadinya perceraian di Provinsi Jawa Tengah karena faktor tidak adanya tanggung jawab dari pihak suami. Sementara perceraian di Jawa Barat dikarenakan faktor ekonomi.

Menurut Khofifah, pemerintah harus mengidentifikasi penyebab angka perceraian yang masih tinggi tersebut untuk kemudian dilakukan pencegahan. Menurut dia, ketidakharmonisan keluarga akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan.

Lembaga konsultasi ekonomi internasional PricewaterhouseCoopers memprediksi Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi nomor empat terbesar di dunia karena ditopang oleh besarnya jumlah populasi dan sumber daya alam yang dimiliki. Namun Khofifah mengingatkan bahwa prediksi tersebut bisa gagal apabila SDM Indonesia tidak berkualitas.

Selain angka perceraian, Khofifah juga menekankan tentang masih tingginya angka kekerdilan pada anak atau stunting dan tingginya angka kematian ibu dan bayi.

Menurut dia, jika ketiga masalah kesehatan tersebut tidak segera diselesaikan dengan baik maka pembangunan SDM yang berkualitas akan sulit dicapai dan prediksi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi terbesar keempat pada 2050 akan pupus.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa faktor penyebab perceraian di Jatim berbeda dengan di Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News