Angkatan Laut AS Resmikan Poskamling

Angkatan Laut AS Resmikan Poskamling
Angkatan Laut AS Resmikan Poskamling
SURABAYA - Ada yang berbeda pada patroli Polres Pelabuhan Tanjung Perak Rabu malam lalu (8/5). Empat orang dari Naval Criminal Investigation Service (NCIS) Amerika Serikat ikut berpatroli dengan sepeda angin. Mereka berkeliling ke beberapa lokasi dan berhenti untuk mengadakan cangkruan polmas.


jpnn.com - 
Empat anggota NCIS itu adalah Mike Defamio, Gary Lehnert, George Dettman, dan Basuki Martowibowo. NICS merupakan suatu badan di bawah AL Amerika yang mengurusi investigasi tindak kriminalitas. Keempatnya merupakan bagian dari tim untuk program pelatihan dan pendampingan keamanan.



Mereka sangat antusias bersepeda malam sambil menyapa warga di pinggir jalan. "Pendekatan seperti ini bagus sekali untuk mengakrabkan polisi dan masyarakat," papar Mike.



Setelah bersepeda dari kawasan Asemrowo, mereka menuju ke Dupak Bangunsari. Di sana Mike didapuk untuk meresmikan sebuah poskamling baru. Pembukaan sederhana dengan pemukulan kentongan bersama-sama itu cukup semarak. Setelah meresmikan poskamling, acara dilanjutkan dengan cangkruan polmas di lokasi tersebut.



Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Anom Wibowo menjelaskan, kehadiran empat personel NCIS itu memberikan nuansa tersendiri bagi pihaknya. Artinya, program bersepeda malam hari untuk patroli ternyata diapresiasi oleh orang-orang dari Amerika. 



Anom mengungkapkan, keempatnya selama seminggu menjadi pelatih bagi polisi di wilayah hukum Pelabuhan Tanjung Perak. Mereka memberikan pelatihan berupa sistem keamanan dan keahlian lain yang berhubungan dengan masalah keamanan pelabuhan.



Di sela-sela pelatihan tersebut, Anom memaparkan sejumlah inovasi yang telah dilakukan Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Ketika dijelaskan soal patroli sepeda pada malam hari, mereka ternyata antusias untuk mengikuti. "Patroli malam dengan sepeda ini sudah menjadi agenda rutin," tegasnya. (jun/c8/diq)


SURABAYA - Ada yang berbeda pada patroli Polres Pelabuhan Tanjung Perak Rabu malam lalu (8/5). Empat orang dari Naval Criminal Investigation Service


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News