Anies Baswedan: Satu Kemakmuran Solusi Persoalan Pangan

Anies Baswedan: Satu Kemakmuran Solusi Persoalan Pangan
Pasangan Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (AMIN) menghadiri dialog bertajuk 'Gagas RI' dan 'Gaspol' di Airlangga Convention Centre, Universitas Airlangga Surabaya, Rabu (22/11). Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, SURABAYA - Pasangan Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (AMIN) menghadiri dialog bertajuk 'Gagas RI' dan 'Gaspol' di Airlangga Convention Centre, Universitas Airlangga Surabaya, Rabu (22/11).

Suasana meriah langsung tercipta oleh gemuruh tepuk tangan ribuan mahasiswa saat nama Anies dan Gus Imin dipanggil dan dipersilakan moderator untuk naik ke atas panggung acara.

Tema besar yang disampaikan Anies dalam dialog kali ini yaitu tentang kemandirian pangan.

Menurut Anies, kemandiran pangan adalah jalan dalam mewujudkan satu kemakmuran untuk menghadirkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia melalui biaya hidup murah dan kebutuhan pokok yang tersedia.

"Kami menawarkan gagasan dengan objektif pangan yang cukup, petani yang sejahtera, masyarakat mendapat harga terjangkau," tegas Anies.

Untuk merealisasikan gagasan tersebut, lanjut Anies, harus ada pembenahan di hulu, di dalam aspek distribusi, dan di hilir.

Di hulu, pasokan benih unggul, pupuk, obat pertanian yang cukup, murah dan ramah lingkungan harus tercukupi dengan baik.

"Termasuk memastikan ketersediaan alat bertani yang cukup dan aksesibel untuk semua melalui pengelolaan koperasi. Selain itu juga harus dilakukan pembangunan irigasi sekunder dan tersier," papar Anies yang kembali dihadiahi gemuruh tepuk tangan hadirin.

Gemuruh tepuk tangan ribuan mahasiswa saat nama Anies dan Gus Imin dipanggil dan dipersilakan moderator untuk naik ke atas panggung acara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News