Animo Berhaji Makin Tinggi

Catat 2 ribu Pendaftar Baru Tiap Hari

Animo Berhaji Makin Tinggi
Animo Berhaji Makin Tinggi
JAKARTA - Musim haji baru saja selesai berlangsung dua pekan silam tapi animo masyarakat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci kian tak terbendung. Data terbaru Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan, tiap hari rata-rata 2 ribu orang menyetor di berbagai BPS-BPIH (Bank Penerima Setoran-Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji). Mereka mendaftar untuk mendapatkan nomor kursi antrean untuk berangkat rata-rata 4-5 tahun mendatang.

      

"Waiting list ke Tanah Suci secara nasional sudah mencapai 1 juta antrean," kata Dirjen Haji dan Umrah Kemenag, Slamet Riyanto di kantornya jalan lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (30/12).

   

Walaupun antrean haji semakin menumpuk, Slamet menjamin pihaknya akan meningkatkan layanan pendaftaran haji. Kemenag menjamin mekanisme penerimaan dan pembayaran setoran BPIH akan berjalan lancar sesuai dengan asas pengelolaan dana yang adil, akuntabel, dan profesional. "Tentunya tanpa melupakan prinsip nirlaba," kata dia.

Direktur Pengelolaan BPIH dan Sistem Informasi Haji, Achmad Djunaedi mengatakan, setoran baru pendaftaran haji mencapai 60 ribu orang. Empat bank baru yang dipercaya menerima dana haji adalah BNI Syariah, BRI Syariah, BTN Syariah dan BPD Jateng Syariah. Keberadaan empat bank ini dengan demikian menambah jumlah BPS BPIH yang telah ada, antara lain 4 bank pemerintah (Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN), 2 bank syariah (Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat Indonesia), 1 bank swasta (Bank Bukopin), dan 14 bank pemerintah daerah.

JAKARTA - Musim haji baru saja selesai berlangsung dua pekan silam tapi animo masyarakat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci kian tak terbendung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News