BNP2TKI Sediakan Layanan Online Bagi TKI

Stop Kirim Pembantu ke Luar Negeri

BNP2TKI Sediakan Layanan Online Bagi TKI
BNP2TKI Sediakan Layanan Online Bagi TKI
JAKARTA - Pemerinah mempersiapkan jurus baru untuk mempermudah pelayanan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) kini membentuk sistem layanan online untuk TKI. Layanan itu dibuat untuk mendata secara daring dokumen calon TKI, data kepulangan, dan pengaduan permasalahan TKI.

Proyek rintisannya kini baru diberlakukan di seluruh wilayah Jawa Barat sebagai daerah pengirim TKI terbesar di Indonesia. "Ini proyek pertama di Indonesia, selanjutnya akan kami perluas ke wilayah lain," ujar Kepala BNP2TKI, Jumhur Hidayat di Jakarta, Kamis (30/12).

Untuk saaat ini kata Jumhur, dalam sistem daring akan ada koneksi antara kantor-kantor Disnaker se-Jawa Barat dengan pusat data BNP2TKI, termasuk ke jaringan pendataan kantor BP3TKI (Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) Bandung. Dalam sistem ini data dokumen lengkap calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri dari Jawa Barat akan diproses dalam bentuk Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri. Sementara data pengaduan permasalahan TKI Jabar akan didata ke dalam pendataan Crisis Center BNP2TKI.

"Saat ini kesiapan database baru di Jabar, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat di wilayah lain segera dioperasikan." Kata dia.

JAKARTA - Pemerinah mempersiapkan jurus baru untuk mempermudah pelayanan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Badan Nasional Penempatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News