Animo Pendaftar TNI Terancam Turun

Animo Pendaftar TNI Terancam Turun
Animo Pendaftar TNI Terancam Turun
JAKARTA – Kecelakaan pesawat Hercules C-130 di Magetan, Jawa Timur pada Rabu (20/5) lalu bisa memicu turunnya animo masyarakat untuk menjadi anggota TNI. Ketua MPR Hidayat Nurwahid mengatakan, bukan tidak mungkin kecelakaan yang menyebabkan 116 orang tewas itu menimbulkan persepsi miring di kalangan masyarakat luas. Bisa muncul anggapan, seorang prajurit TNI bukan meninggal di mean perang, tapi meninggal gara-gara kecelakaan akibat alat utama sistem senjata (alutsista) yang sudah uzur.

“Ya, jangan smapai prajurit tidak meinggal di medan pertempuran, tapi di pesawat yang sudah tua. Kalau ini terjadi lagi, tidak ada putra terbaik bangsa yang mau jadi anggota TNI,” ujar Hidayat Nur Wahid di gedung DPR,Senayan, Jumat (22/5). Kalau sampai hal itu terjadi, maka upaya pengamanan wilayah kedaulatan RI bisa terganggu. Sekedar diketahui, saat ini jumlah personil TNI mencapai 430 ribu orang.

Hidayat mendesak dilakukannya segera evaluasi detil terhadap seluruh alutsista TNI. Dia mendesak agar ada penambahan anggaran untuk pembelian alutsista, dan pesawat yang sudah tua agar dikandangkan saja. “Grounded saja yang sudah layak,” ujarnya.

Anggaran yang cukup harus dipakai pembelian alutsista, untuk maintenance, dan pelatihan personil. “Perlu evaluasi mulai dari kesiapan di lapangan, kesiapan personel, dan sistem alutsista," ujarnya. (sam/JPNN)

JAKARTA – Kecelakaan pesawat Hercules C-130 di Magetan, Jawa Timur pada Rabu (20/5) lalu bisa memicu turunnya animo masyarakat untuk menjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News